Persetujuan Atas Dasar Informasi di Awal Tanpa Paksaan (FPIC) dalam REDD+: Buku panduan untuk fasilitator akar rumput - Bahasa Indonesia

Publication date:  November 2015 Download cover: 

Link: 

Download

Body: 

Publikasi ini disusun untuk memberikan dukungan kepada para pelatih dan fasilitator lokal yang terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan REDD+ dan perubahan iklim serta pengembangan kapasitas dan oleh karenanya telah memiliki pemahaman dasar mengenai masalah ini.

Buku pertanyaan dan jawaban ini disusun berdasarkan prinsip bahwa penduduk asli dan komunitas lokal lainnya berhak untuk menentukan nasib mereka sendiri dan berhak untuk menyetujui atau menolak memberikan suatu Persetujuan Atas Dasar Informasi di Awal Tanpa Paksaan (Free, Prior and Informed Consent), atau dikenal juga dengan singkatan PADIATAPA dalam Bahasa Indonesia dan FPIC dalam Bahasa Inggris, untuk proyek yang diusulkan dari luar, yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka, akses mereka terhadap sumber daya alam, serta mempengaruhi
nilai-nilai serta norma sosial budaya mereka. Khusus dalam konteks REDD+, sepuluh pertanyaan dan jawaban yang dibahas dalam publikasi ini dirancang sebagai tanggapan atas meningkatnya kebutuhan untuk memberikan kontribusi terhadap perlindungan sosial dan lingkungan REDD+.

Ini merupakan versi Bahasa Indonesia dari rangkaian buku panduan ini. Untuk informasi lebih jauh tentang proyek ini Grassroots Capacity Building for REDD+ project page.