Meningkatkan kurikulum perhutanan di Sulawesi Selatan

Makassar, Sulawesi Selatan – Minggu ini 16 peserta dari beberapa perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di Sulawesi Selatan mengikuti lokakarya untuk meningkatkan kurikulum perhutanan di perguruan tinggi. Tujuan lokakarya ini adalah menguji kepadanan pendekatan peningkatan penghidupan serta analisa dan pengembangan pasar (market analysis dan development – MA&D) untuk diintegrasikan kedalam kurikulum perguruan tinggi.

Menurut Martin Greijmans dari RECOFTC, ‘kurikulum perhutanan perguruan tinggi sebaiknya menanggapi berbagai perubahan dalam sektor perhutanan sendiri, seperti meningkatnya investasi sektor swasta, perampasan lahan dan konflik, agar dapat mempersiapkan generasi perhutanan berikut dengan kepakaran dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjawab isu-isu ini.’

Dalam lokakarya ini para peserta, pengajar dan pelatih, melakukan refleksi atas agenda dan materi pengembangan mata pelajaran kurikulum mereka dan mempertimbangkan cara-cara untuk meningkatkannya. Pada akhir lokakarya, para peserta mendapat bahan pelatihan baru yang kemudia dibahas dan diuji kepadanannya.

Lokakarya ini merupakan bagian dari serangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan kurikulum perhutanan tingkat perguruan tinggi dengan memasukkan pendekatan peningkatan penghidupan dan MA&D dalam proses perencanaan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh RECOFTC dibawah proyek ASEAN-Swiss Partnership on Social Forestry and Climate Change (ASFCC) akan berlanjut dengan lokakarya berikutnya pada bulan September sampai November untuk menguji bahan-bahan kursus baru bersama mahasiswa, yang kemudian akan disesuaikan dan dimatangkan menjadi agenda pelatihan.  

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengumpulkan umpan balik dan pengalaman dari lembaga akademi dan pelatihan yang nantinya akan dibahas bersama pada acara regional di bulan September 2017 dan Maret 2018. 

Untuk informasi tentang ASFCC silahkan kunjungi situs www.recoftc.org/project/asfcc dan tentang kegiatan RECOFTC terkait peningkatan penghidupan dan pasar di www.recoftc.org/basic-page/enhancing-livelihoods-and-markets